Preloader

Office Address

123/A, Miranda City Likaoli Prikano, Dope

Phone Number

+0989 7876 9865 9
+(090) 8765 86543 85

Email Address

info@example.com
example.mail@hum.com


1.      TUJUAN
SOP pelaksanaan praktikum bertujuan menguatkan ketrampilan dan kompetisi pengetahuan mahasiswa serta memudahkan civitas Program Studi untuk dapat melaksanakan praktikum lapangan di Prodi Psikologi UMBY.
2.      RUANG LINGKUP
Prosedur ini mengatur dan menjelaskan pelaksanaan praktikum lapangan yang dimulai dari tahap observasi dan wawancara serta penyusunan laporan kegiatan praktikum lapangan prodi Psikologi UMBY.
3.      PIHAK YANG TERLIBAT
Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa
4.      DEFINISI
4.1.       Praktikum adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara tatap muka antara dosen (dapat dibantu asisten dan mahasiswa) yang menekankan pada aspek psikomotorik (ketrampilan), kognitif (pengetahuan) dan efektif (sikap) dengan menggunakan peralatan di laboratorium.
4.2.       Dosen adalah seseorang yang berdasarkan persyaratan pendidikan, keahlian dan kemampuannya diangkat oleh Mendiknas/Rektor untuk menjalankan tugas pokok pendidikan. Dosen terdiri dari Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap.
4.3.       Mahasiswa adalah seseorang yang secara resmi terdaftar di Program Sarjana Prodi Psikologi.
4.4.       Asisten praktikum adalah seseorang yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahlian ditugaskan membantu dosen dalam kegiatan praktikum.
4.5.       Teknisi/Laboran adalah seorang tenaga fungsional yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya bertugas memfasilitasi dosen dan asisten dalam kegiatan praktikum.
4.6.       Praktikan adalah mahasiswa peserta praktikum yang terdaftar secara sah pada program Sarjana di Fakultas Psikologi UMBY.
4.7.       Observasi adalah Proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis mengenai gejala-gejala yang diteliti. Observasi ini menjadi salah satu dari teknik pengumpulan data apabila sesuai dengan tujuan penelitian, yang direncanakan dan dicatat secara sistematis, serta dapat dikontrol keandalan (reliabilitas) dan kesahihannya (validitasnya).
4.8.       Wawancara dapat menjadi alat bantu saat dilakukan oleh pihak yang mempekerjakan seorang calon/kandidat untuk suatu posisi, jurnalis, atau orang biasa yang sedang mencari tahu tentang kepribadian seseorang ataupun mencari informasi.
4.9.       Penyusunan laporan adalah hasil dari kegiatan mahasiswa setelah melakukan praktikum di lapangan yang bersifat imiah.
5.      PROSEDUR
5.1. Persiapan
6.1.1        Ketua Laboratorium, Tim pengajar mata kuliah praktikum (Dosen pengampu dan asisten) menyiapkan Jadwal Praktikum sesudah jadwal perkuliahan setiap semester diumumkan.
6.1.2        Tim pengajar mata kuliah praktikum mengadakan pertemuan pesiapan praktikum yang meliputi materi praktikum beserta sumber daya (dana. Asisten, tempat penelitian/kuliah lapangan) yang dibutuhkan.
6.1.3        Tim pengajar mata kuliah praktikum dan laboran menerima daftar peserta praktikum dari Bagian Pendidikan Program melalui Prodi selambat-lambatnya pada hari pertama praktikum.
6.1.4        Tim pengajar mata kuliah praktikum dan dibantu laboran menyusun pembagian kelompok praktikum dan mendiskusikan topik spesifik bersama para praktikan.
6.1.5        Mahasiswa yang menempuh mata kuliah dengan kegiatan kuliah dan praktikum wajib mengikuti kedua kegiatan tersebut.
5.2.Pelaksanaan Praktikum
5.2.1.      Tempat pelaksanaan praktikum dapat dilakukan di laboratorium atau tempat yang sesuai dengan materi yang dipraktikan.
5.2.2.      Waktu pelaksanaan praktikum dimulai selambat-lambatnya 4 minggu setelah perkuliahan dimulai, materi praktikum sesuai materi yang diberikan oleh dosen pengampu praktikum pada saat perkuliahan di kelas.
5.2.3.      Praktikum yang dilaksanakan di laboratorium harus mendapat ijin dari ketua laboratorium.
5.2.4.      Sangat memungkinkan bahwa praktikum dilaksanakan di luar lingkungan Prodi Psikologi dengan prosedur perijinan yang sudah dipersiapkan.
5.2.5.      Praktikum dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan dibantu oleh asisten praktikum. Bila praktikum dilakukan melibatkan kerjasama dengan stakeholder dari luar, maka bimbingan juga dapar dilakukan oleh pihak yang bersangkutan.
5.2.6.      Ketua kelas mengkoordinir mahasiswa dalam proses administratif dan keuangan dengan laboran.
5.2.7.      Mahasiswa membuat proposal praktikum atau mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan selama kegiatan praktikum berlangsung.
5.2.8.      Mahasiswa meminta dibuatkan surat izin untuk melakukan praktikum kepada staf TU sesuai dengan waktu dan lokasi yang telah ditentukan. Format surat izin bisa didownload di web http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/download/
5.2.9.      Mahasiswa membuat laporan tertulis setelah selesai melakukan praktikum. Laporan praktikum dikumpulkan dan dinilai oleh asisten praktikum, kemudian asisten praktikum melaporkan nilai praktikum ke laboran.
5.2.10.  Setiap asisten praktikum menilai proses dan hasil kegiatan praktikum di lapangan.
5.2.11.  Laboran melaporkan penilaian total selama praktikum kepada dosen pengampu praktikum secara tertulis setiap semester sebagai salah satu dasar penilaian mata kuliah praktikum.
5.3. Evaluasi Praktikum
5.3.1.      Materi evaluasi praktikum meliputi tes penguasaan teoritis materi praktikum yang dilakukan melalui :
i.      Sebelum praktikum dilakukan mahasiswa sudah harus menyiapkan proposal penelitian serta instrumen penelitian.
ii.    Selama praktikum dilakukan evaluasi terhadap kehadiran dan keaktifan selama di lapangan.
iii.  Setelah praktikum dilakukan evaluasi melalui penulisan laporan, seminar, maupun Focus Group Discussion.
5.3.2.      Evaluasi praktikum dilakukan oleh Dosen Pengampu dibantu asisten praktikum, maupun stakeholder yang terlibat.
Hasil evaluasi digunakan untuk menentukan nilai akhir mata kuliah dengan besarnya nilai sks.